Jumat, 31 Maret 2017

TUGAS 2 PEREKONOMIAN INDONESIA

LINGKUNGAN HIDUP DAN SUMBER DAYA

1.    Lingkungan biotik adalah semua lingkungan yang terdiri dari komponen-komponen mahluk hidup di permukaan bumi. Komponen lingkungan biotik, misalnya tumbuhan, hewan, manusia dan mikroorganisme.
Komponen lingkungan biotik menurut fungsinya dapat dibedakan dalam tiga kategori, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.
Lingkungan abiotik adalah semua benda mati di permukaan bumi yang bermanfaat dan berpengaruh dalam kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya. contoh lingkungan abiotik, misalnya tanah, air, udara, dan sinar matahari



2.     Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bisa juga dijelaskan menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.

·                  Sumber daya alam berdasarkan jenis :
      - sumber daya alam hayati / biotik
contoh : tumbuhan, hewan, mikro organisme, dan lain-lain

- sumber daya alam non hayati / abiotik
contoh : bahan tambang, air, udara, batuan, dan lain-lain

·                  Sumber daya alam berdasarkan sifat pembaharuan :
      - sumber daya alam yang dapat diperbaharui / renewable
contoh : air, tumbuh-tumbuhan, hewan, hasil hutan, dan lain-lain

- sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui / non renewable
contoh : minyak bumi, batubara, timah, gas alam.

- Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya / unlimited
contoh : sinar matahari, arus air laut, udara, dan lain lain.

·                  Sumber daya alam berdasarkan kegunaan atau penggunaannya
      - sumber daya alam penghasil bahan baku
contoh : hasil hutan, barang tambang, hasil pertanian, dan lain-lain

- sumber daya alam penghasil energi
misalnya : ombak, panas bumi, arus air sungai, sinar matahari, minyak bumi, gas bumi, dan lain sebagainya.

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) adalah individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik itu di dalam institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset sehingga harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Pengertian sumber daya manusia makro secara umum terdiri dari dua yaitu SDM makro yaitu jumlah penduduk dalam usia produktif yang ada di sebuah wilayah, dan SDM mikro dalam arti sempit yaitu individu yang bekerja pada sebuah institusi atau perusahaan.

Lingkungan Hidup merupakan wilayah di sekitar manusia dengan berbagai macam komponen yang terkandung di dalamnya, baik itu komponen hidup maupun komponen tidak hidup yang berpotensi dalam menopang kebutuhan manusia.

Lingkungan Global adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung yg  memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.

3.     a. Lingkungan fisik (physical enviroment)
Lingkungan fisik yang dimaksud adalah segala bentuk lingkungan secara fisik yang dapat mempengaruhi perubahan status kesehatan seperti adanya daerah-daerah wabah, lingkungan kotor, dekat pembuangan limbah atau sampah, dan lain-lain. Lingkungan ini jelas dapat mempengaruhi kebutuhan dasar manusia dalam bentuk keamanan dan keselamatan dari bahaya yang dapat ditimbulkannya.

     b. Lingkungan biologis
Lingkungan biologis merupakan lingkungan yang di dalamnya terdapat unsur-unsur biologis atau makhluk hidup. Seperti mikroorganisme (virus, bakteri, jamur, parasit, protzoa, metazoa, dll), hewan, dan tumbuhan yang dapat mempengaruhi status kesehatan seseorang.

     c. Lingkungan sosial dan kultural  (social and culture environment)
Lingkungan sosial dan kultural dapat juga mempengaruhi proses perubahan status kesehatan seseorang karena akan mempengaruhi pemikiran atau keyakinan sehingga dapat menimbulkan perubahan dalam perilaku kesehatan.
d. Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat)
 Kamtibmas adalah kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat  terselenggaranya proses pembangunan Nasional  yang ditandai dengan terjaminnya kamtib, dan gakkum serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan  membina serta mengembangkan potensi  dan kekuatan masyarakat dalam mencegah, menangkal , dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat dalam menjalankan giat kehidupannya.
Pengertian Kamtibmas menurut Pasal 1 Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 disebutkan bahwa pengertian Kamtibmas adalah: Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.  

e. Hankamnas (Pertahanan dan Keamanan Negara)
diartikan sebagai pertahanan keamanan Negara yang merupakan salah satu fungsi pemerintahan Negara, yang mencakup upaya dalam bidang pertahanan yang ditujukan terhadap segala ancaman dari luar negeri dan upaya dalam bidang keamanan yang ditujukan terhadap ancaman dari dalam negeri, bukan hanya upaya dari satu atau dua golongan saja melainkan merupakan upaya dari ABRI danseluruh lapisan masyarakat/rakyat Indonesia sumber dasar kekuatan pertahanan keamanan Negara.

SUMBER

1 komentar:

TUGAS 2 EKONOMI KOPERASI

Nama                :            ARDIA AYU NABILA NPM                :            21216014 Kelas                :            ...